Penyebab CCTV Sering Vloss

Home \ CCTV \ Penyebab CCTV Sering Vloss

Penyebab CCTV Sering Vloss – Pernahkah anda mengalami peristiwa dimana layar monitor CCTV anda tiba tiba berubah menjadi biru dan terdapat tulisan Vloss? Mengapa hal ini dapat terjadi dan apa penyebabnya? Kasus seperti ini memang wajar terjadi. Secara umum Video loss atau Vloss terjadi akibat tidak adanya aliran listrik atau CCTV kehilangan sinyal video dari kabel coaxial CCTV menuju DVR. Ada beberapa penyebab mengapa terjadi Vloss pada CCTV yaitu sebagai berikut ini :

  1. Adaptor CCTV mati

Salah satu sumber energy dari CCTV adalah adaptor. Bila adaptor mati maka secara otomatis aliran listrik ke CCTV akan terputus sehingga kamera CCTV dan DVR tidak mendapatkan daya. Solusi agar tidak terjadi adaptor CCTV mati adalah memastikan apakah adaptor CCTV masih berfungsi dengan sebagaimana mestinya atau mengetes Adaptor dengan avometer untuk memastikan apakah adaptor dalam kondisi baik. Jika adaptor memang rusak maka anda harus membeli adaptor yang baru.

 

  1. Kamera CCTV rusak

Kemungkinan kedua mengapa Vloss terjadi adalah karena rusaknya kamera cctv. Jika kamera cctv rusak maka hasil tampilan gamba atau video yang akan dikirim ke DVR kemudian ke monitor menjadi tidak ada dan secara otomatis juga sinyal akan menghilang. Solusi yang tepat untuk permasalahan ini adalah segeralah memperbaiki CCTV anda ke ahlinya atau jika diperlukan belilah kamera CCTV baru  yang sesuai dengan kebutuhan anda.

 

  1. DVR disambar oleh Petir

Sambaran petir dapat menyebabkan rusaknya DVR sehingga DVR tidak dapat berfungsi dengan sebagaimana mestinya dan terjadi lah Vloss. Agar kejadian ini tidak terjadi maka anda perlu memasang alat penangkal petir dan melakukan perawatan rutin terhadap CCTV anda.

 

  1. Port Konektor di DVR rusak

Faktor yang menyebabkan terjadinya Vloss yang terakhir adalah Port Konektor di DVR rusak. Port konektor yang rusak dapat menyebabkan terjadinya Vloss. Bila ternyata CCTV dalam kondisi bagus, adaptor bagus dan DVR tidak disambar petir maka ada kemungkinan port konektor di DVR anda yang rusak.

 

 

ABOUT THE AUTHOR: adminpat

RELATED POSTS

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftar Menjadi Dealer CCTV

Kami mengajak anda untuk bergabung menjadi Dealer CCTV kami
Dan dapatkan banyak keuntungan bersama kami.